Program Perpustakaan C++ (Part I)






Pada postingan ini, saya akan sharing mengenai program perpustakaan menggunakan bahasa pemrograman C++. Sebenarnya program ini adalah tugas projek kelompok yang disuruh dosen buat UAS. Disini saya hanya ingin sharing aja, karena saya juga baru belajar C++ (itupun karena C++ salah satu mata kuliah). Jadi mohon dimaklumi jika programnya sederhana n agak berantakan.
cekidot....!

gini algoritmanya (dalam bentuk bahasa verbal, soalnya ga bisa bikin flowchartnya) :

1.       Saat program dijalankan, program akan menampilkan  4 pilihan menu.
2.       User menginputkan pilihannya (1-4), apabila user menginputkan pilihan yang sesuai (1, 2, 3, atau 4) maka program akan menjalankan menu yang dipilih oleh user. Apabila user menginputkan nomor yang tidak sesuai dengan daftar menu atau karakter yang lain, maka program akan berhenti dan menampilkan pesan untuk mengulangi menjalankan program dari awal. Atau program akan error jika user menginputkan karakter tertentu.
3.       Jika user memilih menu 1, yaitu menu anggota maka program akan menampilkan daftar nama kelompok 2 beserta NIM. Kemudian di bagian bawah daftar nama, program akan menampilkan pilihan kepada user, apakah akan kembali ke menu utama atau keluar program. Program akan meminta user menginputkan ‘Y’/’y’ untuk kembali ke menu utama, dan ‘N’/’n’ untuk menampilkan menu keluar program. Apabila user menginputkan karakter yang tidak sesuai makan program akan menampilkan pesan untuk mengulang/merestart program.
4.       Jika user memilih menu 2, yaitu menu pinjam buku maka program akan menampilkan daftar buku yang ada. Kemudian program akan menampilkan pertanyaan nama, masukkan tanggal pinjam, dan berapa jumlah buku yang akan dipinjam. User akan menginputkan nama, tanggal, dan jumlah buku yang akan dipinjam, pada input nama akan menampung maksimal 10 karakter dan pada input tanggal akan menyuruh user untung menginputkan tanggal 1-31. Jika user meninputkan tanggal yang tidak sesuai maka akan muncul pesan “input tanggal salah”. Jika user menginputkan karakter tertentu yang tidak sesuai pada input jumlah buku misalnya huruf maka program akan error (karena menggumakan tipe data integer). Apabila inputan user sesuai maka program akan menampilkan dialog peminjaman buku. User harus menginputkan kode buku yang sesuai agar program menampilkan judul buku yang akan dipinjam. Apabila user menginputkan kode yang tidak sesuai maka program akan menampilkan pesan “Buku dengan kode tersebut tidak tersedia”. Program akan mengulang dialog peminjaman buku sebanyak berapa jumlah buku yang ingin dipinjam meskipun user salah menginputkan kode buku. Kemudian program akan menampilkan detail transaksi. Setelah itu program akan kembali menanyakan apakah user akan kembali ke menu utama atau keluar program.
5.       Jika user memilih menu 3, yaitu menu pengembalian buku maka program akan menampilkam menu pengembalian buku. Algoritmanya sama seperti menu pinjam buku, yang berubah hanya pada dialog peminjaman buku.
6.       Jika user memilih menu 4, yaitu menu keluar program maka program akan menampilkan menu keluar program yang berisi ucapan terima kasih kepada user karena telah berkunjung. Program akan keluar secara otomatis.

Untuk source code'nya, liat posting selanjutnya disini .

3 komentar:

aizat mengatakan...

maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang Pemrograman C++
berikut linknya :
http://repository.gunadarma.ac.id:8080/bitstream/123456789/1119/1/11107904.pdf
semoga bermanfaat :)

Unknown mengatakan...

Tanya dong ini Program C++ perpustakaannya pake pointer, array atao apa? tolong bales ya

Instal Ulang Laptop mengatakan...

boleh minta koding nya

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons